membeli rumah second

Tips Aman Membeli Rumah Second di Perumahan

Banyak hal yang harus anda cermati dan teliti dalam membeli rumah second di perumahan. Rumah second atau baru tidak memiliki perbedaan dari sisi fungsi. Tetapi, keadaannya akan berbeda jika anda membeli rumah second dengan rumah dari developer.

Anda diwajibkan lebih waspada dalam mengamati sebelum melakukan transaksi sehingga tidak muncul kecewa dikemudian hari. Sisi positif dari rumah second adalah anda dapat menecek langsung tingkat keaamanan lingkungan rumah yang akan anda beli dari lingkungan sekitar dan itu tidak bsa anda lakukan jika dari developer. Namun, dalam pembelian rumah second pun ada beberapa yang wajib anda lakukan sebelum membelinya, diantaranya:

  1. Pilihlah lokasi yang akan menjadi pusat kegiatan anda

Dari beberapa referensi yang ada pilihlah lokasi yang palingĀ  sering anda kunjungi. Pastikan anda tidak terlalu jauh untuk menjangkau rumah dengan lokasi yang sering anda kunjungi. Pertimbangkan juga dengan kegiatan anggota keluarga yang lainnya.

  1. Pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan

Pertimbangan selanjutnya yang bisa menjadi filterisasi adalah sisi biaya yang akan anda keluarkan.

Langkah langkah diatas sebagai referensi sebelum membeli rumah baru. Selanjutnya akan dijabarkan pula beberapa tips aman dalam membeli rumah bekas atau second. Ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli rumah second, diantaranya adalah:

  • Cek lingkungan sekitar
  • Apakah terdapat pfasilitas pendukung
  • Kemudahan dalam akses
  • Perhatikan kondisi bangunan, apakah masih bagus, kuat atau tidak
  • Kroscek kelengkapan dokumen
  • Pastikan pemilik rumah terdahulu telh meenyelesaikan segala kewajibannya
  • Periksa semua saluran air masih berfungsi atau tidak

Membeli rumah second atau bekas bukanlah sebuah keputusan yang buruk, bahkan bisa saja menjadi keputusan yang tepat. Hal ini tentunya harus ditopang dengan menentukan beberapa faktor penting sebelum membeli rumah secon.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas anda akan sedikit aman dan santai untuk membeli rumah second atau bekas. Tetapi sesuaikan kembali dengan kebutuhan anda sehingga anda dapat benar-benar nyaman.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin membeli rumah second. Selamat menghuni rumah second pertama anda.

Beli rumah dari developer terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *