Syarat-syarat dalam Menjalankan Sholat Taubat

Sholat taubat adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan mengharapkan ridho dari Allah. Penyesalan atas tindakan atau perbuatan dosa yang telah dilakukan. Banyak sekali anjuran yang menjelaskan untuk melaksanakan sholat taubat ini. Sholat ini bisa dilakukan kapan saja, sesuai dengan keinginan Anda dalam bertaubat. Akan tetapi dalam setiap sholat pasti ada yang namanya aturan dalam menjalankannya. Hal ini merupakan sebuah acuan agar ibadah sholat bisa diterima oleh Allah swt. Berhubungan dengan sholat taubat ini, maka ada pula aturan yang harus ditaati agar mendapatkan ampunan dari Allah.

Sebelum berbicara mengenai tata cara dalam melakukan sholat tobat ini, ada baiknya diketahui terlebih dahulu syarat-syaratnya dalam menjalankan ibadah sholat ini. Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi dalam mengerjakan sholat taubat ;

  • Taubat dilaksanakan dengan kerelaan hati dan keikhlasan, bukan karena alasan duniawi semata.
  • Menyesali segala perbuatan dosa dan tidak akan mengulanginya lagi. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Malik bin Dinar bahwa menangis atas dosa akan menghapus segala dosa yang telah terjadi.
  • Tidak lagi melakukan dosa dan segera untuk meninggalkannya. Hal tersebut menjadi sebuah kewajiban yang harus diupayakan. Apabila dosa dilakukan terhadap sesame segeralah untuk meminta maaf.
  • Mempunyai tekad untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa selanjutnya. Dengan begitu akan menumbuhkan kebencian terhadap maksiat. Banyak ulama yang telah menjelaskan mengenai masalah ini.
  • Lakukanlah taubat pada waktu yang tepat. yakni sebelum ajal menjemput atau matahari belum terbit dari barat. Jika melakukannya pada waktu tersebut maka Allah akaan menerima taubatan yang dilakukan.

Itulah tadi beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda melakukan sholat taubat. Memahami beberapa syarat tadi menjadi sebuah hal yang mutlak dilakukan. Dengan begitu. taubat Anda akan diridhoi oleh Allah swt. Demikian yang bisa diberikan tentang ulasan syarat dari sholat taubat. Semoga bisa memberikan Anda pengetahuan dan informasi. Sehingga dalam menjalankan taubat, Anda bisa lebih khusuk dan dihapuskan segala dosa oleh Allah Swt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *