biografi jokowi

Riwayat Singkat Karir Politik Jokowi

Jokowi atau pria bernama lengkap Ir. H. Joko Widodo merupakan toko pemimpin Solo yang banyak dipuji oleh warganya. Bahkan, Presiden Republik Indonesia ke-7 ini pernah menjabat selama 2 periode saat memimpin kota Solo.

biografi jokowi
biografi jokowi

Joko Widodo memperoleh gelar Insinyur dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1985 saat Ia menyelesaikan studinya di Fakultas Kehutanan. Awalnya, banyak masyarakat yang meragukan kepemimpinannya saat mencalonkan diri sebagai Walikota Solo. Walikota yang awalnya berprofesi sebagai pengusaha mebel ini mulai melakukan gebrakan progresif menjelang setahun masa kepemimpinannya.

Jokowi mengambil banyak contoh dari pengembangan kota-kota maju di Negara Eropa yang Ia sering kunjungi saat perjalanan bisnisnya sebagai pengusaha eksportir mebel. Solo mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di bawah kepemimpinannya sebagai walikota. Dirinyalah yang memberi branding untuk kota Solo sebagai “The Spirit of Java” sehingga membuat Solo masuk dalam keanggotan “Kota Warisan Dunia” pada tahun 2006.

Berkat banyaknya prestasi yang diraih saat menjabat sebagai walikota Solo, Jokowi terpilih menjadi salah satu dari 10 Tokoh 2008 yang dinobatkan oleh Majalah Tempo.

Berikut ini kami sampaikan riwayat karir dan sejumlah prestasi yang pernah diraih oleh Ir. H. Joko Widodo.

  • – Pelopor berdirinya Koperasi Pengembangan Industri Kecil Solo pada tahun 1990.
  • – Ketua Bidang Pertambangan, Energi Kamar Dagang dan Industri Surakarta di tahun 1992 sampai 1996.
  • – Ketua Asosiasi Permebelan dan Industri Kerajinan Indonesia Surakarta di tahun 2002 sampai 2007.
  • – Jokowi terpilih menjadi salah satu dari “10 Tokoh 2008” versi Majalah Tempo.
  • – Walikota Terbaik tahun 2009.
  • – Atas kepemimpinan dan Kinerja Jokowi selama membangun serta memimpin kota Solo, Ia mendapat penghargaan Bung Hatta Award.
  • – Meraih UNS Award.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *