Keunikan Mebel Jepara

Keunikan Mebel Jepara

Jepara dari dulu hingga kini tetap eksis  dengan sentra kerajinan tangannya. Salah satu yang menjadi ciri khas kota ini adalah mebel  Jepara. Secara bentuk, tidak ada yang membedakan antara mebel buatan Jepara dengan mebel-mebel Jawa pada umumnya, namun keunikan yang menonjol terdapat pada ukiran khas Jepara yang dibuat oleh para professional ukir di kota tersebut. Motif-motif yang ada sangat khas dan jarang dijumpai yang sama persis dikarenakan tahap pengukiran dilakukan secara manual. Sebagian pengrajin juga menerima pemesanan dengan motif ukiran disesuaikan dari permintaan sang pemesan. Bahan baku utama pembuatan mebel merupakan jenis kayu keras yang bernama kayu jati. Untuk kualitas tidak dapat diragukan lagi, karena keawetan bahan baku serta nilai estetis dari ukiran.

Dari banyaknya mebel ukir di Jepara, gebyog minimalis yang berupa pintu berukuran kecil menjadi salah satu yang banyak diminati selain meja dan kursi. Penggunaannya biasanya hanya bersifat sementara, yaitu sebagai dekorasi dalam pesta pernikahan khas Jawa. Hal tersebut dikarenakan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan pintu-pintu pada umumnya. Pengrajin sengaja tidak mengubah warna asli kayu, melainkan hanya melakukan menyemprotan  pernis ataupun warna-warna alami kayu dengan tujuan agar kesan tradisional makin tampak pada setiap kerajinan yang mereka buat. Proses pembuatan memakan waktu cukup lama, terutama pada tahap pengukiran karena membutuhkan konsentrasi serta ketelitian dari para pengrajin.

 

Jika menginginkan rumah dengan desain modern namun tidak meninggalkan kesan Jawa, mungkin anda dapat menggunakan gebyog sebagai pengganti pintu utama. Walaupun ukurannya lebih besar daripada yang biasa digunakan untuk dekorasi pernikahan, namun bentuk dan ukiran tetap bisa disesuaikan. Kesan Jawa sangat kental dari warna khas kayu serta lekukan tiap ukiran pada seluruh bagian pintu tradisional Jepara ini. Sangat pas untuk anda yang menggemari konsep rumah modern dengan sentuhan gaya tradisional tanpa mengesampingkan konsep elegan dari sisi penikmat seni serta desain arsitektur mewah. Untuk masalah harganya pun sangat bervariasi karena disesuaikan  berdasarkan tingkat kesulitan ukiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *