Candi Plaosan, Candi Indah di Tengah Persawahan

Objek wisata alam dan candi bertebaran di kawasan Jogja dan sekitarnya. Objek-objek tersebut menghadirkan keindahan yang tak pernah ada habisnya. Salah satu objek wisata alternatif perpaduan antara candi dan alam adalah Candi Plaosan. Jika wisatawan ingin bersantai dengan memandangi keindahan candi yang ada di tengah-tengah hamparan pesawahan maka Candi Plaosan bisa menjadi pilihan disaat liburan di Jogja. Candi ini berada tidak jauh dari Prambanan hanya sekitar 1 kilometer utara dari Komplek Candi Prambanan. Tepatnya berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Candi ini relatif lebih sepi dan tenang, berbeda dengan Candi Prambanan yang selalu ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Candi Plaosan sangat cocok untuk wisatawan yang membutuhkan ketenangan sehingga Candi Plaosan menjadi pilihan utama bagi wiatawan yang mencari alternatif wisata candi yang damai dan penuh ketenangan. Tiket masuk candi ini juga sangat murah yaitu Rp. 5000,- dengan harga tiket semurah itu wisatawan dapat menikmati keindahan komplek candi yang tenang, damai dan juga bisa melihat hamparan sawah yang hijau disekitar candi. Walau pun tidak sepopuler dan sebesar candi Prambanan, Candi Plaosan tetap menarik minat para wisatawan bahkan banyak wisatawan yang datang untuk singgah ke candi ini.

Menurut catatan sejarah, Candi Plaosan merupakan Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-9 Rakai Pikatan pada jaman Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini sebenarnya tediri dari 2 bagian yaitu Candi Plaosan Lor (utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan) namun yang bangannya masih banyak yang utuh dan sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Candi Plaosan Lor. Di komplek ini terdapat 2 candi utama yang melambangkan sepasang manusia yaitu perempuan dan laki-laki.

Candi induk sebelah utara melambangkan perempuan karena memiliki ukiran atau relief yang mengambarkan tokoh-tokoh perempuan. Sedangkan candi induk selatan reliefnya mengambarkan tokoh-tokoh pria. Masing-masing candi induk terdapa 6 patung/arca Dhyani Boddhisatwa. Walaupun candi ini adalah candi Buddha, tetapi gaya arsitekturnya unik kaarena merupakan perpaduan antara agama Buddha dan Hindu. Selain itu terdapat pula selasar yang berisikan beberapa arca Buddha yang kondisinya telah rusak dan hilang di bagian utara candi. Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, juga parit buatan. Untuk candi induk kondisinya masih bagus sedangkan candi perwara mayoritas sudah rusak parah sehingga sulit untuk direkonstruksi.

Lokasi:

Candi Plaosan terletak di Jl. Candi Plaosan, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Akses menuju candi ini sudah bagus segala kendaraan bisa mengases lokasinya. Jika wisatawan yang datang berjumlah puluhan orang, bisa rental bus di Jogja.

Tip Wisata:

  1. Pakailah baju yang nyaman dan sopan.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman.
  3. Bawa air mineral untuk berjaga-jaga saat haus.
  4. Jangan merusak objek candi.
  5. Jaga kebersihan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *