Alat Kesehatan Rumah Sakit Dan Fungsinya

Mengenal alat kesehatan rumah sakit, sebenarnya tidak wajib untuk semua orang. Namun ada kalanya informasi seperti ini penting di saat – saat tertentu. Jadi tidak ada salahnya pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa macam nama alat kesehatan yang bisa anda temukan di rumah sakit dan klinik.

alat kesehatan rumah sakit

1. Dental Unit

Kalau anda pernah ke Puskesmas, atau ke Rumah Sakit, anda akan dapati banyak poli – poli diantaranya poli pemeriksaan gigi dan mulut. Poli ini bertujuan untuk menangani permasalahan gigi, gusi, dan kesehatan mulut. Di dalam ruangan atau poli ini terdapat satu set alat kesehatan yang disebut dengan dental unit. Harga dental unit cukup mahal, namun pemerintah sudah menganggarkan untuk memenuhi kuota alat ini di setiap puskesmas atau rumah sakit.

2. Infus Pump

Mungkin tidak semua orang paham dengan nama alat kesehatan yang satu ini. Infus Pump merupakan satu alat elektromedik yang befungsi untuk mengatur laju aliran cairan infus dari botol infus ke dalam tubuh pasien. Biasanya alat tersebut digunakan untuk pemberian cairan obat dengan dosis tertentu dan dalam waktu tertentu. Alat ini juga tidak selalu ada di semua rumah sakit dan klinik. Banyak juga rumah sakit yang belum memiliki alat – alat infus pump untuk memenuhi kebutuhan pasiennya.

3. Alat Bedah Operasi

Satu alat yang mungkin banyak ditakuti orang adalah alat bedah. Biasanya alat ini digunakan di Ruang Operasi, Bidan, dan juga ruangan lain yang sejenis. Alat ini umumnya terdiri dari set alat – alat yang cukup banyak seperti gunting, pisau, pinset (penjepit), jarum dan benang operasi dan lain sejenisnya.

Untuk memenuhi standar pelayanan yang baik, di Rumah Sakit harul memiliki alat – alat medis yang lengkap dan memadai. Sadar atau tidak, alat medis atau alat – alat kesehatan ini berperan sangat penting untuk kemajuan rumah sakit. Sekian informasi yang bisa saya hadirkan untuk anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *